Penelitian Tindakan Kelas
Diposting oleh
Unknown
on Senin, 05 November 2012
/
Comments: (0)
Fakta : selama ini, siswa-siswi kelas 1 SDN Margorejo Surabaya masih merasa kesulitan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada matematika. siswa-siswi kelas 1 SD memiliki karakteristik pemikiran yang bersifat konkret atau nyata, sehingga saat mereka dihadapkan pada penjumlahan dan pengurangan bilangan yang bersifat abstrak, siswa-siswi menjadi sulit untuk memahami dan mereka tidak bisa menyelesaikan soal-soal penjumlahan dan pengurangan yang merupakan dasar dari sistem operasi matematika lainnya.
selain itu, seringkali suasana kelas menjadi tegang dan tidak menyenangkan. dan hal tersebut tentu sangat bertolak belakang dengan pribadi siswa-siswi kelas 1 SD yang pada prinsipnya masih suka bermain, hal tersebut menyebabkan siswa-siswi merasa cepat bosan, dan sebagai akibatnya, hasil belajar merteka menjadi rendah.
Idealnya : penjumlahan dan pengurangan bilangan pada matematika menjadi hal yang menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi kelas 1 SD. dan hal tersebut bisa terwujud dengan adanya suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan dengan menggunakan media-media yang menarik dan bersifat konkret atau nyata yang ada di lingkungan sekitar, sehingga siswa-siswi kelas 1 SD akan lebih tertarik, lebih mudah memahami dan tidak cepat merasa bosan karena mereka bisa belajar sambil bermain. dan tentunya hal tersebut akan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mereka.
Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margorejo Surabaya Dengan Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar Pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan.
Nama : Devi Falachiyah I
NIM : D07210041
Kelas : B Semester 5
Bimbingan dan Konseling
Diposting oleh
Unknown
/
Comments: (0)
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
BIMBINGAN dan
KONSELING
1. Pengertian
Bimbingan
Bimbingan
merupakan upaya pembimbing untuk membantu mengoptimalkan individu.
Donald G. Mortensen dan
Alan M. Schmuller (1976) menyatakan bahwa: “ Guidance may be defined as that part
of the total educational program that helps provide the personal apportunities
and specialized staff services by which each individual can develop to the
fullest of his abilities and capacities in term of the democratic idea.”
RPP B. Indonesia
Diposting oleh
Unknown
on Minggu, 04 November 2012
/
Comments: (0)
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Sekolah : SDN Margomulyo
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 2×35 menit ( 1 kali pertemuan )
Standar Kompetensi : Menulis surat pribadi
Kompetensi Dasar : Menulis surat pribadi kepada tokoh
idola
I.
Indikator : 1. Siswa mampu
mendeskripsikan tokoh idola
2.Siswa mampu membuat kerangka surat
3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat menjadi surat pribadi yang
utuh
II.
Materi Ajar : Surat-menyurat
III.
Metode Belajar : 1. Penjelasan
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
4.
Praktek
V.
Media Pembelajaran : Sate
Tokoh
VI. Sumber /
Bahan / Alat Belajar: 1. Buku paket bahasa Indonesia
2. amplop
3. Perangko
4. Kertas surat
5. Papan gabus
6. Sate tokoh
VI.Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal (
Apersepsi ) :
§ Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan doa bersama.
§ Guru memberikan ice breaking untuk meningkatkan semangat
dan konsentrasi siswa.
§ Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
sesuai dengan kompetensi dasarnya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
§ Guru
memberi pertanyaan kepada siswa, siapa yang pernah membuat surat pribadi
§
Guru memberikan penjelasan mengenai surat
pribadi
§
Guru mempersiapkan media sate tokoh
§
Guru menyuruh siswa berkelompok
masing-masing 2 orang
§
Guru meminta masing-masing kelompok
untuk memilih gambar sate tokoh yang dikehendaki
§ Guru
meminta masing-masing kelompok untuk membuat surat pribadi kepada tokoh yang
telah dipilih
§ Setelah
selesai, surat yang telah jadi ditempelkan di batang sate tokoh lalu
ditancapkan di papan gabus yang telah disediakan
§ Guru
memilih salah satu sate tokoh yang sudah berisi surat dan menyuruh siswa yang
menulis surat untuk membacanya didepan kelas
|
50 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Siswa membuat kesimpulan tentang surat pribadi
§ Guru memberikan penguatan mengenai surat pribadi
§ Guru memberikan ice breaking penutup sebagai penyegaran
otak.
§ Guru
menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama.
|
10 menit
|
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
1. Siswa mampu
mendeskripsikan tokoh idola
2. Siswa mampu membuat kerangka surat
3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat
menjadi surat pribadi yang utuh
|
Tes Lisan(Afektif)
Tes Tulis(Kognitif)
Unjuk Kerja (Psikomotorik)
|
Uraian
Uraian
Pengamatan
|
§ Deskripsikan
tokoh idolamu secar lisan!
§ Tuliskan kerangka surat yang benar!
§ Buatlah surat pribadi kepada tokoh idolamu sesuai dengan
keramngka surat yang telah kamu buat!
|
...........,
...........................
Mengetahui, Guru
Bahasa Indonesia
Kepala
Sekolah
...................................................... .........................................
NIP. NIP.