RSS

Penelitian Tindakan Kelas

Fakta : selama ini, siswa-siswi kelas 1 SDN Margorejo Surabaya masih merasa kesulitan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada matematika. siswa-siswi kelas 1 SD memiliki karakteristik pemikiran yang bersifat konkret atau nyata, sehingga saat mereka dihadapkan pada penjumlahan dan pengurangan bilangan yang bersifat abstrak, siswa-siswi menjadi sulit untuk memahami dan mereka tidak bisa menyelesaikan soal-soal penjumlahan dan pengurangan yang merupakan dasar dari sistem operasi matematika lainnya. selain itu, seringkali suasana kelas menjadi tegang dan tidak menyenangkan. dan hal tersebut tentu sangat bertolak belakang dengan pribadi siswa-siswi kelas 1 SD yang pada prinsipnya masih suka bermain, hal tersebut menyebabkan siswa-siswi merasa cepat bosan, dan sebagai akibatnya, hasil belajar merteka menjadi rendah. Idealnya : penjumlahan dan pengurangan bilangan pada matematika menjadi hal yang menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi kelas 1 SD. dan hal tersebut bisa terwujud dengan adanya suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan dengan menggunakan media-media yang menarik dan bersifat konkret atau nyata yang ada di lingkungan sekitar, sehingga siswa-siswi kelas 1 SD akan lebih tertarik, lebih mudah memahami dan tidak cepat merasa bosan karena mereka bisa belajar sambil bermain. dan tentunya hal tersebut akan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mereka. Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margorejo Surabaya Dengan Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar Pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Nama : Devi Falachiyah I NIM : D07210041 Kelas : B Semester 5

Bimbingan dan Konseling



BAB II
PEMBAHASAN


A.    PENGERTIAN BIMBINGAN dan KONSELING
1.      Pengertian Bimbingan
Bimbingan merupakan upaya pembimbing untuk membantu mengoptimalkan individu.
Donald G. Mortensen dan Alan M. Schmuller (1976) menyatakan bahwa: “ Guidance may be defined as that part of the total educational program that helps provide the personal apportunities and specialized staff services by which each individual can develop to the fullest of his abilities and capacities in term of the democratic idea.”

RPP B. Indonesia


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Sekolah                       : SDN Margomulyo
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu            : 2×35 menit ( 1 kali pertemuan )
Standar Kompetensi   : Menulis surat pribadi
Kompetensi Dasar       : Menulis surat pribadi kepada tokoh idola
I.                   Indikator                           : 1. Siswa mampu mendeskripsikan tokoh idola
                                            2.Siswa mampu membuat kerangka surat                
  3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat menjadi surat pribadi yang utuh
II.                Materi Ajar                      : Surat-menyurat
III.             Metode Belajar                  :    1. Penjelasan
                                                2. Tanya jawab
                                                3. Penugasan
                                                4. Praktek
V.        Media Pembelajaran        : Sate Tokoh
VI. Sumber / Bahan / Alat Belajar: 1. Buku paket bahasa Indonesia
 2. amplop
   3. Perangko
 4. Kertas surat
                                                                 5. Papan gabus
                                                                 6. Sate tokoh
    VI.Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal ( Apersepsi ) :
§  Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan doa bersama.
§  Guru memberikan ice breaking untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi siswa.
§  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari sesuai dengan kompetensi dasarnya.


10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Guru memberi pertanyaan kepada siswa, siapa yang pernah membuat surat pribadi
§  Guru memberikan penjelasan mengenai surat pribadi
§  Guru mempersiapkan media sate tokoh
§  Guru menyuruh siswa berkelompok masing-masing 2 orang
§  Guru meminta masing-masing kelompok untuk memilih gambar sate tokoh yang dikehendaki
§  Guru meminta masing-masing kelompok untuk membuat surat pribadi kepada tokoh yang telah dipilih
§  Setelah selesai, surat yang telah jadi ditempelkan di batang sate tokoh lalu ditancapkan di papan gabus yang telah disediakan
§  Guru memilih salah satu sate tokoh yang sudah berisi surat dan menyuruh siswa yang menulis surat untuk membacanya didepan kelas
50 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Siswa membuat kesimpulan tentang surat pribadi
§  Guru memberikan penguatan mengenai surat pribadi
§  Guru memberikan ice breaking penutup sebagai penyegaran otak.
§  Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama.
10 menit

VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
1. Siswa mampu mendeskripsikan tokoh idola
 2. Siswa mampu membuat kerangka surat            
  3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat menjadi surat pribadi yang utuh

Tes Lisan(Afektif)
Tes Tulis(Kognitif)
Unjuk Kerja (Psikomotorik)
Uraian

Uraian


Pengamatan

§  Deskripsikan tokoh idolamu secar lisan!
§  Tuliskan kerangka surat yang benar!
§  Buatlah surat pribadi kepada tokoh idolamu sesuai dengan keramngka surat yang telah kamu buat!




                                                                                                            ..........., ...........................
            Mengetahui,                                                                            Guru Bahasa Indonesia                      
            Kepala Sekolah                                                          
......................................................                                                      .........................................
NIP.                                                                                                    NIP.