Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Sekolah : SDN Margomulyo
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 2×35 menit ( 1 kali pertemuan )
Standar Kompetensi : Menulis surat pribadi
Kompetensi Dasar : Menulis surat pribadi kepada tokoh
idola
I.
Indikator : 1. Siswa mampu
mendeskripsikan tokoh idola
2.Siswa mampu membuat kerangka surat
3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat menjadi surat pribadi yang
utuh
II.
Materi Ajar : Surat-menyurat
III.
Metode Belajar : 1. Penjelasan
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
4.
Praktek
V.
Media Pembelajaran : Sate
Tokoh
VI. Sumber /
Bahan / Alat Belajar: 1. Buku paket bahasa Indonesia
2. amplop
3. Perangko
4. Kertas surat
5. Papan gabus
6. Sate tokoh
VI.Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal (
Apersepsi ) :
§ Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan doa bersama.
§ Guru memberikan ice breaking untuk meningkatkan semangat
dan konsentrasi siswa.
§ Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
sesuai dengan kompetensi dasarnya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
§ Guru
memberi pertanyaan kepada siswa, siapa yang pernah membuat surat pribadi
§
Guru memberikan penjelasan mengenai surat
pribadi
§
Guru mempersiapkan media sate tokoh
§
Guru menyuruh siswa berkelompok
masing-masing 2 orang
§
Guru meminta masing-masing kelompok
untuk memilih gambar sate tokoh yang dikehendaki
§ Guru
meminta masing-masing kelompok untuk membuat surat pribadi kepada tokoh yang
telah dipilih
§ Setelah
selesai, surat yang telah jadi ditempelkan di batang sate tokoh lalu
ditancapkan di papan gabus yang telah disediakan
§ Guru
memilih salah satu sate tokoh yang sudah berisi surat dan menyuruh siswa yang
menulis surat untuk membacanya didepan kelas
|
50 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Siswa membuat kesimpulan tentang surat pribadi
§ Guru memberikan penguatan mengenai surat pribadi
§ Guru memberikan ice breaking penutup sebagai penyegaran
otak.
§ Guru
menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama.
|
10 menit
|
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
1. Siswa mampu
mendeskripsikan tokoh idola
2. Siswa mampu membuat kerangka surat
3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat
menjadi surat pribadi yang utuh
|
Tes Lisan(Afektif)
Tes Tulis(Kognitif)
Unjuk Kerja (Psikomotorik)
|
Uraian
Uraian
Pengamatan
|
§ Deskripsikan
tokoh idolamu secar lisan!
§ Tuliskan kerangka surat yang benar!
§ Buatlah surat pribadi kepada tokoh idolamu sesuai dengan
keramngka surat yang telah kamu buat!
|
...........,
...........................
Mengetahui, Guru
Bahasa Indonesia
Kepala
Sekolah
...................................................... .........................................
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar