RSS

RPP B. Indonesia


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Sekolah                       : SDN Margomulyo
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu            : 2×35 menit ( 1 kali pertemuan )
Standar Kompetensi   : Menulis surat pribadi
Kompetensi Dasar       : Menulis surat pribadi kepada tokoh idola
I.                   Indikator                           : 1. Siswa mampu mendeskripsikan tokoh idola
                                            2.Siswa mampu membuat kerangka surat                
  3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat menjadi surat pribadi yang utuh
II.                Materi Ajar                      : Surat-menyurat
III.             Metode Belajar                  :    1. Penjelasan
                                                2. Tanya jawab
                                                3. Penugasan
                                                4. Praktek
V.        Media Pembelajaran        : Sate Tokoh
VI. Sumber / Bahan / Alat Belajar: 1. Buku paket bahasa Indonesia
 2. amplop
   3. Perangko
 4. Kertas surat
                                                                 5. Papan gabus
                                                                 6. Sate tokoh
    VI.Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal ( Apersepsi ) :
§  Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan doa bersama.
§  Guru memberikan ice breaking untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi siswa.
§  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari sesuai dengan kompetensi dasarnya.


10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Guru memberi pertanyaan kepada siswa, siapa yang pernah membuat surat pribadi
§  Guru memberikan penjelasan mengenai surat pribadi
§  Guru mempersiapkan media sate tokoh
§  Guru menyuruh siswa berkelompok masing-masing 2 orang
§  Guru meminta masing-masing kelompok untuk memilih gambar sate tokoh yang dikehendaki
§  Guru meminta masing-masing kelompok untuk membuat surat pribadi kepada tokoh yang telah dipilih
§  Setelah selesai, surat yang telah jadi ditempelkan di batang sate tokoh lalu ditancapkan di papan gabus yang telah disediakan
§  Guru memilih salah satu sate tokoh yang sudah berisi surat dan menyuruh siswa yang menulis surat untuk membacanya didepan kelas
50 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Siswa membuat kesimpulan tentang surat pribadi
§  Guru memberikan penguatan mengenai surat pribadi
§  Guru memberikan ice breaking penutup sebagai penyegaran otak.
§  Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama.
10 menit

VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
1. Siswa mampu mendeskripsikan tokoh idola
 2. Siswa mampu membuat kerangka surat            
  3. Siswa mampu mengembangkan kerangka surat menjadi surat pribadi yang utuh

Tes Lisan(Afektif)
Tes Tulis(Kognitif)
Unjuk Kerja (Psikomotorik)
Uraian

Uraian


Pengamatan

§  Deskripsikan tokoh idolamu secar lisan!
§  Tuliskan kerangka surat yang benar!
§  Buatlah surat pribadi kepada tokoh idolamu sesuai dengan keramngka surat yang telah kamu buat!




                                                                                                            ..........., ...........................
            Mengetahui,                                                                            Guru Bahasa Indonesia                      
            Kepala Sekolah                                                          
......................................................                                                      .........................................
NIP.                                                                                                    NIP.






0 komentar:

Posting Komentar